Kamis, 05 Agustus 2010

Belajar dari Alam

Dalam Al – Qur’an Allah memerintahkan kita untuk membaca, sebagaimana firman Allah dalam Al – Qur’an surah Al – Alaq ayat pertama “ Iqra’ “ yang artinya Bacalah !
Perintah ini memiliki makna bahwa kita harus membaca ayat – ayat Allah baik ayat qauliah maupun ayat kauniah. Ayat qauliah adalah ayat yang tertulis dalam kitab suci Al-Qur’an sedangkan ayat Kauniah adalah ayat yang tersirat dalam alam semesta. Begitu banyak ciptaan Allah yang bisa kita pelajari sebagai upaya tafakkur atau merenung pesan yang hendak Allah sampaikan sebagai bekal kita dalam mengarungi hidup ini.

Teman – teman alam dunia ini adalah tempat kita hidup yang juga diciptakan oleh sang pencipta kita, banyak sekali hikmah dan kebijakan yang dititipkan Allah untuk kit abaca, kita renungkan agar kita bisa sukses dalam mengarungi hidup ini. Misalnya saja pohon bambu yang Allah ciptakan, jika kita mau merenung pohon bambu menelaah cara mereka hidup kita akan menemukan sebuah filosofi hidup yang sangat berharga.
Jika kita perhatikan dari bentuk dan cara pohon bambu hidup kita akan mendapati beberapa hal yang akan saya sebutkan satu persatu dibawah ini :
1. Pohon bambu hidup berkelompok
2. Akarnya jauh menancap didalam tanah
3. karena hidup berkelompok dan berdekat – dekatan akar mereka saling berkaitan satu sama lain
4. batangnya tinggi menjulang
5. Batangnya lentur
6. Waktu tumbuhnya lama tetapi tidak terhenti
7. ketika angin badai melanda batangnya akan menyesuaikan dengan arah angina dan kemudian kembali keposisi semula seperti sebelum ada badai
8. Batangnya serbaguna, bisa digunakan sebagai bahan kerajinan, bahan bangunan, kayu bakar dan lain sebagainya
9. Dibatangnya biasa bersarang burung atau bahkan serangga.
Demikian beberapa hal yang dapat saya sebutkan dari pohon bambu yang sebenarnya masih banyak hal yang dapat di renungkan tetapi untuk kesempata ini saya hanya akan membahas 9 point dari kehidpun pohon bambu, mungkin nanti teman – teman bisa menambahkan sendiri dengan merenungkannya lebih jauh.
Kita akan membahasa satu persatu point yang telah ada ini.
1. Pohon bambu hidup berkelompok

Pohon bambu hidup berkelompok sehingga mereka tidak mudah untuk dirusak oleh hewan dan mereka lebih bisa bertahan jika jumlah mereka banyak. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa dalam kehidupan ini kita butuh kelompok agar kehidupan kita lebih terarah, jika kita ingin sukses kita harus berkumpul dengan orang orang sukses yang memiliki satu visi dengan kita. Karena dengan berkumpulnya kita bersama orang – orang yang sukses, apa lagi jika mereka memliki visi yang sama maka secara tidak langsung kita sudah melindungi visi kita sendiri.
Kerbau yang berjalan dalam kelompok lebih sulit untuk diterkam singa dari pada kerbau yang berjalan sendiri – sendiri. Sehingga peluang kerbau tersebut untuk sampai ketujuan lebih besar.
Begitu juga ketika kita memperjuangkan visi yang kita miliki bersama dengan orang yang memiliki visi yang sama dengan kita. Akan sulit bagi orang yang “ sayang “ dengan kita untuk menggagalkannya.
Anda harus menyadari bahwa banyak orang yang katanya “ sayang “ dengan kita dan tidak ingin melihat kita “ gagal “ tetapi dengan tanpa sadar mencuri bahkan merampas visi dan impian kita. Dengan dalih takut kita kecewa mereka datang dengan sebuah penjelasan disertai dalil – dalil yang telah mereka persiapkan untuk membom bardir visi dan impian yang kita miliki agar kita tidak merealisasikannya.
Mereka datang dengan seolah – olah peduli dengan kita akan tetapi merekalah yang menyebabkan banyak mimpi ditinggalkan oleh pemiliknya. Jagalah mimpi anda jangan biarkan orang terdekat anda merebutnya dan menjauhkannya dari Anda.
Tetaplah dalam kelompok Anda seperti bambu dalam kelompoknya, seperti kerbau dalam kelompoknya. Bergabunglah bersama komuitas yang sesuai dengan visi dan impian Anda dan Anda akan terkejut bahwa mimpi anda mendekati Anda dengan sendirinya.
2. Akarnya jauh menancap didalam tanah
Sebelum mencapai tingkat yang lebih tinggi pohon bamboo sudah sejak mulai tumbuh sudah berusaha mempersiapkan diri mereka terhadap kemungkinan resiko misalnya resiko diterjang badai, banjir dan lain sebagainya. Mereka dengan sabar mengunjamkan akar mereka jauh kedalam tanah sebagai pondasi mereka dalam menghadapi segala kemungkinan tersebut diatas.
Seharusnya kita juga seperti itu untuk mencapai sukses yang lebih tinggi kita seharusnya mempersiapkan pondari lebih kuat. Karena semakin tinggi posisi seseorang, kesuksesan seseorang, maka semakin kuat badai yang akan dihadapinya.
Persiapkan diri kita sebaik mungkin, ikuti pelatihan guna meningkatkan kemampuan Anda. Bersiaplah menghadapi resiko yang bisa saja muncul tanpa kita duga.
3. Karena hidup berkelompok dan berdekat – dekatan akar mereka saling berkaitan satu sama lain
Bambu hidup berkelompok, akar mereka saling menjalin rapat sehinga saling menguatkan antara satu dengan yang lain. Mereka saling mendukung dalam segala hal, begitu juga seharusnya kita didunia ini. Kita harus saling mendukung, bukan saling menjatuhkan. Kita adalah makhluk social yang membutuhkan dukungan orang lain. Dalam hidup ini perjuangan menggapai sukses memerlukan dukungan dari semua orang yang ada disekeliling kita. Dengan membantu orang sukses kita akan dengan mudah mencapai sukses.
Seperti yang dilakukan pengusaha sukses, mereka membuat masyarakat sejahtera dan memiliki daya beli yang cukup sehingga produk yang mereka jual mampu dibeli oleh masyarakat. Seperti yang sering dilakukan oleh seorang multilevel marketer, mereka harus membantu downline mereka sukses jika mereka ingin sukses.
Sebenarnya tidak hanya disitu saja, dalam seluruh aspek kehidupan kita harus saling membantu ketika ingin mencapai suatu tujuan. Dengan bekerja sama dan saling membantu, hal yang besar dapat diselesaikan dengan mudah.
4. Batangnya tinggi menjulang
Bamboo memiliki batang yang tinggi menjulang, sebenarnya mereka bisa saja memilih untuk tidak memiliki batang yang tinggi. Namun mereka memilih memiliki batang yang tinggi. Mereka bisa saja tumbuh dengan batang rendah seperti yang dilakukan oleh banyak pohon perdu di semak belukar tanpa harus beresiko terkena tiupan angina kencang,
5. Batangnya lentur
6. Waktu tumbuhnya lama tetapi tidak terhenti
7. ketika angin badai melanda batangnya akan menyesuaikan dengan arah angina dan kemudian kembali keposisi semula seperti sebelum ada badai
8. Batangnya serbaguna, bisa digunakan sebagai bahan kerajinan, bahan bangunan, kayu bakar dan lain sebagainya
9. Dibatangnya biasa bersarang burung atau bahkan serangga.